Enhancing Decision Making

Tipe keputusan antara lain : 
  • Unstructured decision 
Keputusan diambil dengan mempertimbangkan penilaian, evaluasi atau wawasan untuk memecahkan masalahnya. Contoh : keputusan untuk bergabung (merger) dengan perusahaan lain. Keputusan ini sering dilakukan oleh senior executive

  • Structured decision
Keputusan yang rutin dan berulang, di mana pengambil keputusan mengikuti sebuah prosedur yang jelas. Contoh : Keputusan pemesanan barang, jika inventori barang melewati stock level tertentu, maka persediaan barang harus ditambah. 

  • Semi Structured decision
Keputusan yang sebagian dapat diprogram, berulang-ulang dan rutin sebagian lagi tidak terstruktur. Contoh : data penjualan barang di suatu derah menunjukkan kecenderungan untuk turun dalam 6 bulan terakhir. Manajer akan mengumpulkan berbagai data dari sistem informasi (bagian terstruktur) dan melakukan wawancara untuk mengumpulkan informasi luar (tidak terstruktur) sebelum mengambil keputusan. Sering dilakukan oleh middle management.


                                             

Tahapan dalam pengambilan keputusan ada 4, yaitu :

                                     
                                             


a. Intelligence 
Menemukan, mengidentifikasi dan memahami masalah yang terjadi pada organisasi 

b. Design 
Menggali berbagai alternatif solusi yang mungkin 

c. Choice 
Memilih alternatif solusi yang terbaik 

d. Implementation 
Menerapkan pilihan yang diambil dan melakukan monitoring bagaimana solusi tersebut bekerja

Adapun peran manajer dalam pengambilan keputusan, yaitu :
a.       Peran interpersonal
-          Manajer bertindak sebagai figur utama dalam organisasi ketika mereka mewakili perusahaan kepada dunia luar dan melakukan tugas-tugas simbolik, seperti memberikan penghargan kepada karyawan.
-          Manajer bertindak sebagai pemimpin, memberikan motivasi, nasihat dan mendukung bawahannya.
-          Manajer bekerja sebagai penghubung antar berbagai tingkatan dalam organisasi.

b.      Peran Informasi
-          Manajer bertindak sebagai pusat saraf dari organisasi, menerima informasi terkini yang paling konkret dan mendistribusikannya kepada mereka yang membutuhkannya juru bicara dalam organisasi.

c.       Peran Dalam Pengambil Keputusan
-          Manajer bertindak sebagai wirausahawan dalam mengusulkan jenis-jenis aktivitas baru, menangani gangguan-gangguan yang muncul dalam organisasi, pengalokasian sesumber, negosiator


Business Intelligence merupakan Infrastruktur untuk mengumpulkan, menyimpanm menganalis data yang dihasilkan oleh aktivitas bisnis.


  • MIS Membantu manajer mengawasi dan mengelola bisnis dengan menyediakan informasi dan kinerja perusahaan. SIM secara khusus menghasilkan laporan yang sifatnya tetap dan rutin (terstruktur berdasarkan data yang diperoleh dan dirangkum dari sistem pemrosesan transaksi (TPS) perusahaan.
  • DSS digunakan pada level manajemen yang memadukan data dan model dan alat analisis untuk mendukung pengambilan keputusan yang semi terstruktur atau tidak terstruktur. 
  • ESS Membantu manajer puncak untuk menaruh perhatian pada informasi kinerja organisasi yang dimana ESS mengumpulkan data dari seluruh organisasi dan memungkinkan manajemen untuk memilih, mengakses dan melakukan penyesuaian terhadap kebutuhan mereka dengan menggunakan alat analisis dan display data online.

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Sistem Informasi