Etika dan Privasi

Etika adalah Prinsip-prinsip benar dan salah yang digunakan individu untuk membuat pilihan yang memandu perilaku mereka. 

Adapun 4 pendekatan etika yang digunakan secara luas antara lain :
  • Utilitarian (Kegunaan): menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut/etis adalah yang memaksimalkan penggunaan (utility) 
  • Rights (Hak) : menyatakan bahwa suatu tindakan yang patut/etis adalah yang menghormati hak-hak orang lain. 
  • Fairness (Keadilan) : menganggap semua manusia sama. 
  • Common Good Approach (Kebiasaan baik yang umum) : kebiasaan yang ada di masyarakat, menghormati dan kasih sayang antar masyarakat adalah tindakan etis. 
Lima langkah dalam menentukan framework etik yaitu :
  • Kenali masalah etika yang ada 
  • Dapatkan fakta 
  • Evaluasi tindakan alternatif 
  • Buat keputusan dan uji 
  • Bertindak dan renungkan hasil keputusan 

Code of Ethics / kode etik merupakan aturan tertulis yang sengaja dibentuk. Dasar berlakunya etika dipengaruhi oleh :
  • Responsibility (tanggung jawab) : menerima konsekuensi dari keputusan/tindakan 
  • Accountability (akuntabilitas) : mengacu siapa yang bertanggung jawab 
  • Liability (kewajiban) : memberikan hak pemulihan 
Sesuatu yang tidak etis belum tentu dapat dikatakan illegal. Adapun 4 masalah umum berkaitan dengan masalah etika terhadap IT :
  • Masalah privasi 
  • Masalah keakuratan 
  • Masalah properti 
  • Masalah aksesibilitas 

Privasi adalah hak untuk dibiarkan sendiri dan bebas dari gangguan pribadi yang tidak masuk akal. Informasi privasi adalah hak untuk menentukan kapan, dan sejauh mana, informasi tentang Anda dapat dikumpulkan dan / atau dikomunikasikan kepada orang lain. Aturan yang berlaku dibanyak negara antara lain : 
  • Hak privasi tidak mutlak. Privasi harus seimbang terhadap kebutuhan masyarakat. 
  • Hak masyarakat untuk mengetahui menggantikan hak privasi individu. 
Pedoman organisasi untuk melindungi privasi pelanggan, klien, dan karyawan ada 2 yaitu : 
  • Opt-out Model : memungkinkan perusahaan untuk mengumpulkan informasi pribadi sampai pelanggan meminta secara kusus agar data tidak dikumpulkan.
  • Opt-in Model : organisasi dilarang mengumpulkan informasi pribadi apapun kecuali pelanggan secara khusus memberikan kewenangan itu

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Komponen Sistem Informasi