Sistem Informasi, Organisasi, dan Strategi

Dalam dunia usaha, ada 5 komponen yang saling berkompetisi satu sama lain antara lain :
- Kompetitor
Kompetitor selalu merancang cara baru yang lebih efisiens untuk menghasilkan produk baru, layanan, dan menarik konsumen dengan membangun merek.
- Terbukanya pasar baru
Era perdagangan bebas membuat terbukanya pintu perdagangan dan pasar baru.
- Produk dan layanan pengganti
Didalam setiap industri, konsumen akan mengganti produk anda dengan produk pengganti jika harga yang anda tawarkan terlalu tinggi.
- Konsumen
Kekuatan konsumen akan tumbuh jika mereka dapat dengan mudah mengganti produk anda dengan produk kompetitor yang sejenis.
- Supplier
Kekuatan dari supplier dapat secara signifikan mempengaruhi keuntungan perusahaan, terlebih ketika perusahaan tidak dapat meningkatkan harga lebih cepat dari pada supplier.
Ada 4 strategi umum yang masing-masing memungkinkan dengan menggunakan SI/TI yaitu :
- Low Cost Leadership
- Gunakan SI untuk mendapatkan harga dan biaya operasional termurah.
- Berbasis posisi biaya rendah dibanding pesaing.
- Mengelola rantai nilai (value chain management).
- Product Differentiation
- Gunakan SI untuk membuat produk dan layanan baru, atau memberikan konsumen kenyamanan dalam menggunakan produk dan laynana yang sudah ada.
- Menghasilkan produk/jasa unik dan bernilai
- Menjual value keunikan dengan harga premium
- Focus on Market Niche
- Gunakan SI untuk pasar khusus yang spesifik dan layani mereka secara lebih baik dibandingkan kompetitor.
- Basis line produksi sempit (niche) dan segmen pasar spesifik
- Strengthen Customer and Market Intimacy
- Gunakan SI untuk meningkatkan ikatan dengan suplier dan membangun hubungan kusus dengan konsumen.
Adapun dampak dari internet yaitu :
Substitute products or services
Memungkinkan pengganti baru muncul dengan melakukan pendekatan yang berbeda untuk memenuhi kebutuhan dan menjalankan fungsinya.
Customers’ bargaining power
Memungkinkan untuk mendapatkan informasi harga dan informasi produk secara global.
- Suppliers’ bargaining power
Pengadaan melalui Internet meningkatkan daya tawar dari pemasok.
Threat of new entrants
- Internet mengurangi batasan.
- Teknologi menjalankan proses bisnis dan membuatnya menjadi lebih mudah.
Positioning and rivalry among existing competitors
Memperlebar pasar geografis, meningkatkan jumlah pesaing, dan mengurangi perbedaan antara pesaing; membuat lebih sulit untuk mempertahankan keunggulan operasional.
Aktifitas Primer
Terhubung secara langsung terhadap produksi dan distribusi dalam perusahaan produk dan layanan yang mengasilkan nilai untuk konsumen.
Aktifitas Support
Membuat aktifitas primer dapat berjalan dengan baik.
Adapun isu-isu yang terjadi di dalam manajemen yaitu :
Mempertahankan keunggulan kompetitif
- Keunggulan kompetitif tidak dapat bertahan lama karena kompetitor akan melihat dan meniru strategi yang digunakan.
Menyelaraskan IT dengan tujuan bisnis
- Kebanyakan perusahaan sukses dapat menyelaraskan IT dengan tujuan bisnis.
- Hanya seperempat dari perusahaan yang berhasil menyelaraskan IT dengan bisnis.
- Manajemen Checklist: Meningkatkan strategi sistem analis.
- Untuk mengidentifikasi jenis sistem yang memberikan keunggulan strategis untuk perusahaan mengenai bagaimana struktur industri dimana perusahaan berada, seperti apa bisnis, perusahaan, dan value chain industri, serta apakah sudah selaras antara IT dengan strategi dan tujuan bisnis.
Komentar
Posting Komentar